cover
Contact Name
Dhi Bramasta
Contact Email
jurnal.jrpd@ump.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jrpd@ump.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202, Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
ISSN : -     EISSN : 27238660     DOI : http://dx.doi.org/10.30595/jrpd
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum 5. Manajemen Pembelajaran 6. Pendidikan Inklusi 7. Pengembangan Sumber, Media, Buku, dan Modul
Articles 7 Documents
Search results for , issue "JRPD Volume 3 Nomor 1, Maret 2022" : 7 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills) Harnanik Setyorini; Nurratri Kurnia Sari; Tri Sutrisno
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 3 Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.11357

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) terhadap prestasi belajar HOTS (Higher Order Thinking Skills) kelas 5 Sekolah Dasar Sekelurahan Jatisrono. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi eksperimental). Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 3 Jatisrono dari keseluruhan siswa kelas 5 Sekolah Dasar Sekelurahan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran SOLE sedangkan variabel terikat nya adalah prestasi belajar. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Uji Instrumen penelitian ini adalah uji validitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan realibilitas. Teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu uji pendahuluan, uji prasyarat data, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajran SOLE terhadap prestasi belajar HOTS siswa kelas 5 Sekolah   Dasar   Sekelurahan   Jatisrono   Kabupaten   Wonogiri   Tahun   Pelajaran 2020/2021. Dasar pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisis menggunakan uji T Independen, apabila thitung lebih besar daripada t tabel, maka h0 ditolak dan ha diterima. Dasar penelitian ttabel pada penelitian ini adalah pada jumlah sampel  ( N ) yakni 33 siswa, maka drajat bebas (df) = N – 2  = 33 – 2 = 31, MAKA TTabel dengan df 31 dan taraf signifikan 5%  adalah 2,03951, sedangkan nilai thitung  5,450. Sehingga thitung lebih besar daripada ttabel yang menunjukkan bahwa h0 ditolak dan ha diterima. Model pembelajaran SOLE melatih siswa belajar mandiri serta berpikir kritis sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari nilai rata – rata kelas kontrol 55,71 terjadi peningkatan pada kelas eksperimen dengan nilai rata – rata 82,11. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) terhadap prestasi belajar HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Atika Dwi Evitasari; Mariam Sri Aulia
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 3 Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.11013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Control Group Pre-test and Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Brosot berjumlah 58 peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test), dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media diorama terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal tersebut diketahui dengan perolehan thitung sebesar 16.969 dan ttabel yaitu 1,672 dengan dk = n1 + N2 – 2.
Upaya Meningkatkan Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang Tahun 2018 / 2019 Rahyanti Yudiati
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 3 Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.13454

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar melalui TGT (Teams Games Tournaments)    akan mampu memberikan gairah belajar pada siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial  dengan diterapkannya metode pembelajaran TGT  (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran TGT  terhadap motivasi belajar  Ilmu Pengetahuan Sosiaal?Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial    setelah diterapkannya pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments)  (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial)  setelah diterapkannya pembelajaran TGT   (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak satu  putaran  yang  terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang   tahun pelajaran 2018 / 2019  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 28  % setelah pembelajaran metode TGT  meningkat ketuntasan 92  % , maka meningkat 64 %.Simpulan dari penelitian ini adalah metode TGT  dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah negeri sumbang  Tahun 2018 /2019.
Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SD N Karangrena 4 Kabupaten Cilacap Via Dwi Pramudita; Tri Yuliansyah Bintaro
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 3 Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.11014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pada pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Karangrena 4 kabupaten Cilacap. Penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian kulaitatif. Pratisipasi dalam penelitian ini yaitu Guru kelas IV dan Siswa kelas IV. Keabsahan data menggunakan tringulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian triangulasi yang dilakukan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.. Hasil penelitian menunujukan bahwa peran guru di SD Negeri Karangrena 4 sudah melaksanakan perannya yaitu dalam meningkatkan dan menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas IV dengan baik sehingga sebagian besar siswa mempunyai motivasi yang tinggi. Pelaksanaan pemberian motivasi belajar sendiri dilakukan dengan bekerjasama dengan orang tua siswa dengan memberikan motivasi berupa dorongan semangat dalam belajar. Meskipun pada saat pemberian motivasi belajar pada pembelajaran jarak jauh tidak lepas dari beberapa faktor pendorong maupun penghambat pada pembeajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa.
Analisis Kebutuhan Pengembangan Desa Tambaksogra Sebagai Pengrajin Alat Pembakar Sampah Plastik Rendah Polusi (ALBAPALAENSI) Berbahan Baku Barang Bekas Yudha Febrianta; Pratik Hari Yuwono
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 3 Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.13474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan desa Tambaksogra sebagai pengrajin alat pembakar sampah plastik rendah polusi (ALBAPALAENSI) berbahan baku barang bekas. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini hanya terbatas pada analisi kebutuhan yang bersuber dari hasil wawncara, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan instrumen  analisis kebutuhan yaitu wawancara. Untuk mengetahui keadaan  awal di lapangan terkait perlunya pengembangan desa Tambaksogra sebagai pengrajin alat pembakar sampah plastik rendah polusi (ALBAPALAENSI) berbahan baku barang bekas. Hasil dari wawancara menujukan bahwa selama ini masih banyak sampah yang hanya dibuang di tanah kosong dan akan menimbulkan tumpukan-tumpukan sampah, sampah plastik dibakar namun sisa pembakaran tidak dapat dimanfaatkan. Kemampuan mitra untuk mengajarkan dan melatih pembuatan alat pembakar sampah sudah siap baik peralatan ataupun tempat pelaksanaan. Membutuhkan alat tersebut selain digunakan untuk sendiri membakar sampah di rumah juga bisa menambah pemasukan dengan membuat dan menjual alat pembakar sampah tersebut.
Analisis Peran Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Eka Marliana Saputri
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 3 Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.11196

Abstract

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Miles and Huberman dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, dalam belajar pastinya siswa mengalami faktor-faktor yang dapat mengahambat siswa dalam belajar. Berikut beberapa faktor yang diperoleh peneliti antara lain: faktor Pandemi Covid-19, suasana hati atau mood anak, faktor orang tua, intelegensi atau kecerdasan, dan sarana prasarana yang dimiliki siswa. Oleh sebab itu, orang tua perlu memberikan peranan yang baik kepada siswa, supaya siswa dapat mengatasi kesulitan belajar. Pada penelitian ini, orang tua kelas V SDN Kledungkradenan sudah memberikan perhatian yang baik kepada anak. Hal ini nampak dari hasil presentase angket yang menunjukkan 77% orang tua kelas V memberikan perhatian kepada anak. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar PTS matematika terdiri dari 81,82% siswa memperoleh nilai baik, dan 18,18% memperoleh nilai cukup. Berdasarkan hasil tersebut, maka perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kledungkradenan.
Penanaman Karakter Religius Bagi Siswa Menggunakan Pengiriman Video Ceramah di Aplikasi Whatsapp Andy Wahyu Setiawan
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 3 Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.11331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari pengiriman vidio ceramah dalam rangka menerapkan karakter religius kepada siswa SD Campursari pada masa pandemi. Keunggulan dari pengiriman vidio ceramah ini dapat meminimalisir waktu dalam menerapkan karakter religius di masa pandemi dan sangat cocok pada masa sekarang. Dengan vidio ceramah ini, karakter religius siswa berupa beribadah sholat 5 waktu, mengaji, hafalan doa, perilaku, sikap dan yang lain akan meningkat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7